Kandungan Kulit Manggis dan Fungsinya Sebagai Antioksidan

Kegunaan kulit manggis - Manggis atau Garcinia mangostana L termasuk keluarga dari Clusiaceae. Buah manggis itu dikenal sebutannya Queen fruit atau sebagai ratunya buah & rajanya ialah durian. Sementara untuk buah nangka dikenal dengan jack fruit.

Buah manggis daging nya berwarna putih bertekstur sedikit dan berserat namun tetap renyah. Rasanya sangatlah manis & menyegarkan sebab mengandung banyak sekali air. Namun, ternyata bagian paling berkahasiat buah manggis justru kulit nya. Belakangan ini kegunaan kulit manggis jadi populer dikarenakan berdasarkan penelitian mempunyai kasiat yang besar buat kesehatan.

Kandungan Kulit Manggis dan Fungsinya



kandungan kulit buah manggis dan fungsinya sebagai antioksidan jurnal kecantikan kesehatan

Xamthone
Komponen paling aktif atau utama buah manggis dikenal dengan xanthones. Xanthone merupakan sejenis zat senyawa polifenol baru ditemukan karena secara biologis aktif serta secara struktural sangat mirip bioflavanoids. Senyawa satu ini jarang sekali terdapat dialam, dan paling banyak diketahui hanya terkandung oleh dua keluarga tumbuhan atau tanaman. 200 jenis dari xhantones alami sejauh ini sudah diidentifikasi. Dan 40 jenis ditemukan dalam kulit buah manggis.

Xanthone & turunannya terbukti memiliki manfaat dan khasiat, termasuk sebagai anti-inflamasi & anti-alergi. Terdapat pula komponen lainnya dari manggis yang mempunyai kualitas obat, diantaranya termasuk polisakarida, proanthocyanidins, sterol dan juga catechin, sehingga baik sekali dikonsumsi buat menjaga kesehatan dan fungsi tubuh.

Rendah Kalori
Selain rasa lezat buah manggis ternyata rendah kalori. Cocok bila dikonsumsi Anda yang menjalani program diet menurunkan berat badan. Terkandung 63 kalori/100 gram buah manggis. Tidaklah mengandung lemak jenuh serta kolesterol. Disamping itu, buah manggis dapatlah mencukupi kebutuhan serat dalam tubuh sejumlah 13 % / 100 gr.

Vitamin C
Buah manggis bisa memenuhi akan kebutuhan vit C tubuh sejumlah 12 % per 100 gr pada daging buahnya. Vit C ialah vitamin yang larut air dan bekerja kuat buat antioksidan. Berguna membantu dalam meningkatkan daya tahan atau sistem imun terhadap berbagai serangan penyakit  misal seperti, flu, sakit karena infeksi, hingga penyakit kanker.

Vitamin B Kompleks
Kandungan kulit manggis yakni vitamin B kompleks misal thiamin, folat dan niacin. Vitamin satu ini bertindak untuk kofaktor didalam memetabolisme  protein, karbohidrat dan lemak.

Itulah sekelumit Kandungan kulit buah manggis dan fungsinya sebagai antioksidan bagi kesehatan tubuh. semoga berguna. Baca juga mengobati batuk secara alami
Suka artikel ini ?

About Admin

Admin Blog

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan