Cara Mengobati Batuk Kering Berdahak Secara Alami Ramuan Herbal

Cara Mengobati Batuk Kering dan Berdahak Alami dengan Menggunakan Ramuan Herbal . Mengapa saya menulis ini? karena batuk memiliki 2 jenis yakni batuk berdahak serta batuk kering, yang tentu cara pengobatannya sedikit berbeda. Sebelum membahas bagaimana  penanganannya, kita membahas apa saja penyebab batuk kering dan juga berdahak. Dan guna mengetahui itu, yuk lanjut baca!


Cara Ampuh Mengobati Batuk Kering dan Berdahak serta Tidak Berdahak


5 Penyebab Utama Batuk Berdahak

Ternyata penyebab batuk berdahak disebabkan adanya inflamasi atau peradangan pernafasan. Namun, peradangan pernafasan juga memicu batuk kering atau  tidak berdahak. Jenis Batuk berdahak disebabkan adanya permasalahan saluran pernafasan atas. Ada 5 penyebab batuk berdahak yaitu :
  1. Peradangan atau Inflamasi Pernafasan
    Penyebab batuk berdahak pertama  karena inflamasi pernafasan yang memicu batuk berdahak dan juga tidak berdahak.

  2. Asap Rokok,  kendaraan dan juga Polusi
    Batuk berdahak dapat disebabkan asap rokok, asap kendaraan serta polusi udara, maka itu, jauhkanlah asap pulusi sekitar tempat tinggal anda. Kalaupun ingin keluar rumah, gunakanlah masker

  3. Infeksi Saluran Pernafasan
    Selanjutnya karena infeksi saluran pernafasan  disebabkan bakteri jahat ataupun virus

  4. Flu berlebihan
    Flu berlebihan merupakan penyebab mengapa terkena penyakit batuk yang berdahak. Untuk mengurangi batuk, bisa dengan menjaga tubuh tetap hangat.

  5. Meningkatnya asam Lambung
    Meskipun kebanyakan kasus ini jarang terjadi, ternyata meningkatnya asam lambung dapat memicu batuk berdahak membandel 

5 Penyebab Utama Batuk Kering tidak Berdahak

Batuk ialah penyakit sering dianggap sepele, namun ternyata batuk juga menyebabkan penyakit berbahaya. Terutama sakit batuk kering, yang menyebabkan tenggorokan jadi berdarah. Pasti tidak mau ini terjadi kan? untuk itu cari tahu apa penyebabnya? berikut ini penyebab atau pemicu batuk kering tidak berdahak :
  1. Infeksi Pernafasan
    Jika menderita infeksi saluran pernafasan, biasanya mengalami jenis batuk kering tak berdahak. Batuk bisa berlangsung lebih 2 minggu. Tetapi, bila sakit berlanjut,  harus segera berkonsultasi dokter spesialis dengan bidangnya.
  2. Meningkatnya asam lambung serta Refluks Asam
    Hal ini terjadi saat mengkonsumsi makanan yang pedas yang  menjadi penyebab semakin meningkatnya jumlah kadar asam lambung tubuh. Jadi asam lambung naik ke bagian tenggorokan.
  3. Penyakit Serius  berbahaya
    Batuk juga disebabkan beberapa penyakit serius seperti misalnya radang paru-paru, atau kanker.
  4. Effek Samping Obat
    Tahukan, ternyata obat juga menimbulkan efek samping yang jadi penyebab batuk kering. Karena mungkin sebagian obat sifatnya mengontrol tekanan darah yang menjadi salah satu yang menyebabkan batuk kering.

  5. Reaksi Alergi
    Alergi,  menyebabkan tenggorokan gatal, mata tampak memerah ataupun iritasi dan memicu batuk kering. Guna menghentikan batuk alergi,  harus bisa menemukan dulu penyebab alergi, agar bisa untuk mengobati batuk kering

Tips Mengobati Batuk Berdahak dan juga Batuk Kering


Jika terserang batuk, entah batuk berdahak / batuk kering, anda bisa melakukan tips berikut ini :

  • Jauhilah tempat berdebu serta yang dingin.
  • Jaga kondisi tubuh tetap hangat, pakailah jaket, selimut, syal atau apapun yang membuat hangat.
  • Usahakan mandi, pakailah air yang hangat
  • Anda minum alkohol? atau terbiasa merokok? kurangilah atau  hindari, karena bisa memperparah batuk anda
  • Janganlah bekerja terlalu keras sampai membuat badan drop, istirahatlah teratur
  • Perbanyak untuk minum air putih,  7-8 gelas / harinya.



Ramuan Herbal Mengatasi Batuk Kering dan Berdahak 

Selain  melakukan beberapa tips di atas, anda dapat membuat ramuan obat herbal berikut  untuk mengtasi sakit batuk berdahak :

  1. Ramuan Jahe  kencur :  Mengapa jahe? Karena jahe ada zat anti-bakteri dan menghangatkan tubuh anda selain itu juga membantu mengobati batuk berdahak. Bagi yang sekarang terserang batuk berdahak, coba minum air sari Jahe hangat sehari sekali. Membuat ramuan jahe kencur caranya mudah,  pertama harus menyediakan jahe  secukupya dan juga kencur. Setelah itu irislah jahe serta kencur, baru kemudian direbus air secukupnya. Sehabis itu saringlah air rebusan jahe dan juga kencur tersebut, lalu minum, minimal sekali 1 hari.

  2. Jeruk nipis campur madu kecap :Jeruk Nipis  dicampurkan kecap atau madu sudah lama dipercaya efektif ampuh mengobati batuk berdahak. Sediakan secukupnya jeruk nips, lantas potong 2 bagian. Berikutnya peras air jeruk nipis kemudian campu kecap. Selanjutnya minum 2 atau 3 kali sehari. Bagi yang tak menyukai kecap, bisa menggantinya menggunakan madu

  3. Daun Sirih serta Jahe : Seperti  telah kita ketahui, daun sirih mempunyai sejuta manfaat. Misalnya digunakan mengobati  Keputihan . Ternyata daun Sirih bisa dijadikan obat mengatasi batuk berdahak. Caranya merebus daun Sirih secukupnya lantas campurkan potongan Jahe. Selanjutnya air rebusan diminum minimal 1 kali  sehari, tujuannya  menjaga tubuh tetap hangat dan juga sehat.
Cara Mengobati Batuk  Kering berdahak pada anak bayi secara alami dan gatal dengan cepat ibu hamil 7 bulan


Ramuan Herbal  Mengobati Batuk Kering


Sedangkan mengobati batuk kering bisa membuat ramuan bahan alami berikut :


  1. Daun Kemangi
    Daun kemangi merupakan rempah-rempah yang digunakan bumbu masakan. Daun kemangi mempunyai aroma khas dan juga hangat. Daun kemangi banyak manfaatnya yaitu mengobati batuk. Cara pengolahan, sediakanlah 5 lembar daun kemangi, lantas rebus kedalam 2 gelas air, saring air rebusan daun kemangi tadi dan minumlah air rebusan tersebut minimal hingga batuk anda sembuh

  2. Belimbing wuluh
    Sediakan 5 blimbing wuluh,  cuci dan lalu haluskan dengan blender. Selanjutnya campurkanlah 1 cangkir air masak serta sedikit garam. Lantas peras dan juga saring campuran belimbing wuluh tadi dan lalu minum 2 x sehari pagi dan petang sampai batuk sembuh.

  3. Kencur
    Sediakan 1 rimpang kencur,  cuci dan lalu kunyah halus diberi sedikit garam. lantas telan sambil meminum air hangat. Lakukanlah pengobatan 2 x sehari, pagi serta sore hari.

  4. Kunyit
    Selain mengobati  maag,  kunyit juga dijadian obat batuk, terutama batuk kering. Cara pembuatannya tambahkanlah 1/2 sendok teh kunyit sudah ditumbuk dan juga madu dalam 1 gelas susu. Kunyit memiliki khasiat alami menghilangkan batuk.

  5. Bunga mawar
    Selain indah, ternyata berkhasiat mengatasi batuk. caranya mudah, ambil mawar segar sepuluh gram, lantas tim air secukupnya dan juga tambahkanlah gula batu secukupnya. Minumlah dua kali sehari, sampai batuk berkurang dan sembuh.

  6. Daun asam muda
    Caranya, setengah genggam daun asam muda, kemudian campur  daun saga manis, kayu manis, serta gula batu secukupnya. Rebuslah dengan menggunakan api kecil hingga mendidih dan lalu saring. Ramuan obat herbal siap diminum.
Itulah sedikit tips cara mengobati batuk kering dan batuk berdahak alami menggunakan ramuan herbal. Mudah-mudahan dengan info kesehatan ini bermanfaat khusunya anda yang sedang membaca dan membutuhkan informasi ini.
Suka artikel ini ?

About Admin

Admin Blog

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan