Pola Makanan Diet Sehat

Pola Makanan Diet Sehat – Pengetahuan mengenai makanan diet sehat merupakan modal penting bagi Anda yang sedang berupaya menurunkan bobot tubuh. Bagaimanapun, menjalankan program diet memang tak mudah. Banyak orang menemui kegagalan lantaran tak kuat menahan diri dalam menghadapi godaan untuk makan makanan tertentu, sehingga pertahanan diet pun jebol.

Padahal, selain memperhatikan makanan diet sehat, diet bukan berarti mengurangi makan secara besar-besaran atau sama sekali tidak makan, melainkan sebatas menerapkan pola makan seimbang agar asupan kalori agar tidak berlebihan, selain itu, mereka yang sedang berdiet juga perlu cermat dalam menyusun menu makanan harian. Berikut adalah makanan diet sehat yang bisa Anda masukkan ke dalam menu sehari-hari.


Pola makan diet sehat dan cepat


pola makan diet sehat dan cepat golongan darah b

1. Berbagai jenis sayuran

Tak hanya sayuran berwarna hijau tua. Sayuran berwarna pucat seperti sawi, kol atau bunga kol pun sebaiknya Anda jadikan sebagai bagian dari makanan diet sehat Anda. Selain kaya akan vitamin, rendah kalori, dan minim lemak, kandungan serat yang tinggi juga dapat membuat saluran pencenaan lebih sehat.

2. Kaldu sayuran.

Jika Anda menghendaki makanan jadi lebih gurih, hindari pemakaian MSG atau penyedap masakan. Sebaiknya gunakan kaldu sayuran kental sebagai pengantinya. Selain menyehatkan karena padat vitamin, kaldu sayuran juga mudah dibuat.

3. Asinan

Asinan dapat dijadikan makanan selingan di antara jam waktu makan. Makanan sehat ini cukup mengenyangkan dan kaya vitamin, namun berkalori sangat rendah, yakni sekitar 50 kalori per mangkuknya. Sebaiknya buatlah asinan sendiri di rumah, agar kebersihannya terjaga, dan bebas bahan pengawet atau pewarna buatan.

4. Tahu dan tempe

Tahu dan tempe termasuk makanan padat gizi, sehingga sangat dianjurkan sebagai makanan diet sehat bagi mereka yang sedang berupaya menurunkan bobot tubuh. Tempe maupun tahu mengandung kalsium, zat besi, dan vitamin B. Keduanya juga mengandung serat yang dibutukan tubuh.

7. Kalkun

Sepintas, kalkun menyerupai daging yang sarat lemak. Namun, pada kenyataanya sumber protein hewani ini sangatlah menyehatkan dan dianjurkan sebagai makanan diet sehat, karena daging kalkun kaya akan asam amino triptopan yang dapat merangsang produksi serotonin di otak, sehingga kita merasa kenyang. Makanlah daging kalkun dalam jumlah cukup.

8. Gandum

Jangan singkirkan gandum dari menu makanan diet sehat Anda, karena bahan pangan ini sejak lama dipercaya sebagai makanan kaya serat yang dapat mengurangi nafsu makan dan berat badan. Gandum mengandung mineral, protein, dan karbohidrat.

9. Buah-buahan

Buah-buahan termasuk bahan pangan wajib dalam makanan diet sehat Anda. Selain padat serat, mengenyangkan, banyak mengandung vitamin, buah-buahan juga umumnya mengandung antioksidan yang berguna untuk mempertahankan daya tahan tubuh.

10. Kacang Almond

Kacang Almond termasuk bahan pangan padat protein yang mudah dicerna sebagai sumber energi spontan. Setiap  biji kacang almond mengandung vitamin B, vitamin E, lemak tak jenuh, magnesium, zat besi, kalium, tembaga dan fosfor.

Kacang almond juga mengandung laetrile sebagai zat antitumor, juga fenilalanin, sejenis  asam amino yang dapat memacu produksi hormon kolesistokinin (CCK) di dalam saluran pencernaan. Hormon CCK ini diketahui dapat menimbulkan rasa kenyang.

11. Susu rendah lemak

Jika  ingin menggunakan susu dalam makanan Anda, pilihlah susu skim. Selain mengadung vitamin, susu skim juga mengandung kalsiun yang dibutuhkan oleh tubuh, juga berkalori rendah karena minim lemak.

Hal yang tak kalah penting adalah cara mengolah makanan diet sehat sehat. Makanan yang dikukus atau dipepes berkalori lebih rendah dibanding makanan yang digoreng. Hindari pula menggoreng bahan makanan dengan banyak mentega, agar jumlah kalori dalam makanan diet sehat Anda benar-benar terjaga. Baca juga Tips diet sehat menurunkan berat badan
Suka artikel ini ?

About Admin

Admin Blog

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan