Penyakit Saluran Cerna Atas dan Bawah

Penyakit saluran cerna yang paling sering terjadi adalah radang kerongkongan (reflux esofagus), radang mukosa lambung (gastritis), tukak lambung usus (ulcus pepticum), dan kanker lambung usus.

1.    Radang kerongkongan (reflux esofagus)

Adalah terjadinya aliran balik isi lambung ke kerongkongan, termasuk reflux asam lambung yang akan merusak lapisan mukosa dan terjadi peradangan. Gejala dari radang kerongkongan berupa perasaan terbakar dan perih di belakang tulang dada karena luka mukosa bersentuhan dengan makanan atau minuman yang merangsang (alkohol, minuman bersoda). Perasaan asam atau pahit di mulut akibat mengalirnya kembali isi lambung. Tindakan pertama untuk mengatasinya adalah dengan meninggikan kepala 10-15cm sewaktu tidur.

penyakit saluran cerna atas dan pencernaan bawah manusia

2.    Radang lambung (gastritis) dan Tukak Lambung

Selain disebabkan oleh reflux getah duodenum, penyakit radang lambung bisa juga disebabkan oleh beberapa jenis obat seperti misalnya asetosal, kortekosteroid, indometasin dan juga alkohol dengan cara menghambat produksi zat prostaglandin yang berfungsi melindungi mukosa, tetapi penyebab utama yang paling umum ialah:
  • Produksi asam lambung yang berlebihan akibat jadwal makan yang tidak teratur
  • Makanan yang kurang lembut, atau susah dicerna
  • Mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh, makanan yang mengandung gas, asam dan pedas
  • Stress yang dapat meningkatkan sekresi asam lambung
Penyebab sakit tukak lambung hampirlah sama dengan peradangan lambung, terutama diakibatkan oleh infeksi kuman bakteri Helicobacter pylori.

Helicobacter pylori ialah suatu jenis bakteri yang menyebabkan terjadinya peradangan lapisan lambung kronis pada manusia. Kuman yang berbentuk spiral ini akan membentuk enzim & protein toksis yang bisa merusak mukosa. Infeksi bakteri helicobacter kemungkinan besar didapat dengan memakan makanan dan air yang tercemar serta melalui kontak orang ke orang, bakteri ini terdapat pada hampir separo orang sehat, terutama lansia dan anak-anak.

Penyakit saluran pencernaan atas


3.    Tukak Usus

Usus merupakan organ yang sangat peka terhadap asam. Tukak Usus terjadi karena hipersekresi lambung, gangguan dalam mobilitas lambung maka isi lambung yang asam akan diteruskan ke usus dan dalam jumlah yang berlebih maka terjadilah tukak duodenum/usus.

4.    Kanker Lambung

Kanker lambung ialah jenis dari kanker saluran cerna dikarenakan  Helicobacter apyori yang memegang peranan penting didalam timbulnya penyakit berbahaya ini. Pada awalnya pun penderita tidaklah menyadari gejala, bila gejala itu semakin meningkat baru bisa ditentukan lokasi tumbuhnya kanker itu Penderita mengalami penurunan berat badan, kelelahan, kesulitan menyerap nutrisi dan mineral. Faktor yang diduga meningkatnya resiko kanker lambung antara lain merokok, alkohol atau makanan yang mengandung banyak garam dan nitrat

Dengan mengenal penyebab dan gejala penyakit saluran lambung dan usus, diharapkan kita bisa mencegah dengan menjaga pola makan yang sehat, higiene atau kebersihan dan membiasakan pola hidup yang sehat. Baca juga Aktifitas enzim dan penyebab asam urat
Suka artikel ini ?

About Admin

Admin Blog

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan