Apakah Anda Termasuk Obesitas?

Berdasarkan pendapat dari seorang ahli, seseorang dapat dikatakan mengalami obesitas jika berat badannya 10% lebih berat dari berat badan yang dianjurkan dengan tinggi badan serta bentuk badannya. Sedangkan WHO juga mengeluarkan panduan obesitas yang didasarkan pada indeks massa tubuh. Lalu bagaimana seseorang dapat dikatakan mengalami obesitas? Berikut adalah beberapa cara untuk mengukur obesitas.


Apakah Anda Termasuk Obesitas?


Untuk mengetahui bahwa anda termasuk dalam obesitas atau tidak, ada beberapa cara mengukur yang dapat anda lakukan yaitu :

Dengan Indeks Massa Tubuh

Menghitung Indeks Massa Tubuh (IMT) dengan cara membagi berat badan (kg) dengan tinggi badan kuadrat (m). Menurut BMI apabila hasilnya antara 18, 5-24, 9 masih termasuk normal, 25-29, 9 masuk dalam kategori overweight, dan apabila lebih dari 30 maka sudah dapat dikatakan sebagai obesitas.

Dengan Ukuran Lingkar Perut

Mungkin kita pernah melihat orang yang tubuhnya tidak terlalu gemuk tetapi lingkar perutnya besar. Untuk ukuran lingkar perut dapat kita jadikan sebagai alat pengukur obesitas, dimana jika seseorang memiliki lingkar perut diatas 80 cm maka orang tersebut sudah termasuk dalam kategori obesitas.


Baca juga hubungan tidur siang dan diet

Itulah beberapa cara mengukur yang dapat anda lakukan untuk mengetahui termasuk dalam kategori obesitas atau tidakkah seseorang, semoga bermanfaat.
Suka artikel ini ?

About Admin

Admin Blog

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan