Pemicu Keadaan Asam Urat Tinggi

Secara umum, pemicu keadaan asam urat tinggi adalah pemecahan sel-sel tubuh dalam jangka waktu lama, yang didukung produksi dan konsumsi makanan padat purin, sehingga tubuh kehilangan kemampuan untuk mengendalikan purin.

Penyebab lain asam urat tinggi adalah terjadinya ketidaksempurnaan metabolisme tubuh atau kondisi gagal ginjal, sehingga pembuangan asam urat via urine terganggu. Biasanya, penyakit asam urat menjangkiti pria maupun wanita berusia di atas 30 tahun. Namun belakangan, kondisi asam urat tinggi ini bisa juga diderita oleh mereka yang berusia belia, remaja, bahkan anak-anak.


Komplikasi Dengan Penyakit Lain

pemicu asam urat tinggi makanan penyebab gejala tapi tidak sakit sayuran pantangan cara mengatasinya


Makanan padat purin jadi faktor dominan penyebab asam urat tinggi. Makanan ini mengandung protein seperti ikan, daging, susu, daging ayam, jeroan dan sebagainya. Sedangkan purin merupakan senyawa utama pembentukan asam urat.

Asam urat tinggi juga dapat dipicu oleh penyakit darah. Selain itu, bisa juga lantaran efek negatif obat-obatan yang dikonsumsi terus-menerus, kebiasaan minum minuman beralkohol, kanker, atau kekurangan vitamin yang mendukung kinerja organ tubuh.

Mereka yang rentan terhadap kondisi asam urat tinggi adalah yang memiliki berat badan berlebih dan penyakit gula. Namun, penyakit asam urat ini belumlah berstatus sebagai penyakit mematikan. Kalaupun berujung pada kematian, biasanya terjadi akibat komplikasi dengan penyakit lain.

Dalam kondisi normal, kelebihan asam urat akan larut dalam darah, disaring oleh ginjal, lalu dibuang bersama urin. Tetapi, jika asam urat kelewat menumpuk atau kinerja ginjal terganggu,maka muncullah penyakit asam urat


Gejala Asam Urat Meningkat


Akibat asam urat tinggi, maka bisa muncul rasa nyeri luar biasa di satu atau beberapa sendi. Pada malam hari, rasa sakit ini semakin menjadi-jadi. Ada kalanya persendian membesar atau semakin bengkak, kulit berubah warna menjadi merah atau keunguan, dan permukaannya tampak mengilap. Rasa nyeri ini dapat merembet pada sendi di dasar ibu jari kaki, dan kadang-kadang terasa pula di telapak kaki, pergelangan kaki, lutut, siku, maupun pergelangan tangan.

Sementara itu, biasanya kristal akan terbentuk pula pada bagian persendian lainnya, seperti tulang belakang, panggul dan juga bahu. Gejala lainnya yang biasa menyertai penyakit asam urat adalah rasa meriang atau panas dingin, disertai detak jantung yang cepat. Serangan awal umumnya hanya mempengaruhi satu sendi, dan terjadi selama beberapa hari. Serangan bakal menghilang dengan sendirinya, namun bisa berkembang jadi lebih parah jika tidak segera diobati.

Gejala asam urat tinggi biasanya ditandai dengan menumpuknya asam urat dalam waktu lama di bagian persendian dan otot. Hal ini dapat memicu perubahan bentuk di beberapa bagian tubuh, seperti misalnya daun telinga, bagian punggung lengan, bagian sisi mangkuk sendi lutut, atau tendon belakang pergelangan kaki.

Secara klinis, tahapan penyakit asam urat terbagi dalam empat fase, yakni tahap asimtomatik, akut, interkritikal, dan kronis. Setiap tahap ini memperlihatkan gejala dengan kadar yang tidak sama.

Semua orang bisa menghindari kondisi asam urat tinggi dengan menjalankan pola hidup sehat. Namun, jika asam urat sudah menjangkiti tubuh dan serangan rasa nyeri pada persendian itu benar-benar terjadi, maka pertolongan pertama pada asam urat adalah segera menghentikan segala aktvitas dan minum obat penghilang rasa sakit. Selain itu, penderita dianjurkan minum air jahe merah, agar pembuangan asam urat melalui urin lebih lancar. Jahe merah dalam bentuk serbuk instan sudah banyak tersedia di pasaran.

Dokter biasanya menyarankan agar memperbaiki pilihan makanan. Jika itu tak membantu, barulah dokter memberikan resep obat. Penanganan asam urat tinggi memang sebaiknya ditangani hingga tuntas, karena ketika usia semakin tua, potensi kambuh bakal semakin tinggi. Baca juga obat asam urat dari tumbuhan
Suka artikel ini ?

About Admin

Admin Blog

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan