Inilah Kebiasaan Penyebab Munculnya Jerawat Gatal

Jerawat sebenarnya tidak berbahaya, hanya saja terkadang jerawat menimbulkan rasa gatal yang menyebabkan terganggunya aktivitas. Gatal yang ditimbulkan pada jerawat dapat menyebabkan terjadinya peradangan pada kulit wajah. Daerah kulit kering menjadi tempat pilihan untuk munculnya jerawat, karena pada bagian kulit kering ini terjadi penumpukan-penumpukan sel-sel kulit mati. Kulit kering juga dapat menimbulkan rasa gatal yang berlebih, walaupun didaerah tersebut tidak terdapat jerawat.

Untuk itu, kita wajib mengetahui bagaimana penyebab jerawat gatal tersebut terjadi dan solusi terbaik cara mengatasinya agar tidak menjadi parah. Berikut ini ulasan selengkapnya.

Penyebab Jerawat Gatal

Rasa gatal yang ditimbulkan oleh jerawat, pasti memiliki sebab. Mari kita bahas mengenai penyebab jerawat gatal berikut ini :

1. Bakteri
Kelenjar minyak yang sangat produktif, menyebabkan dengan mudahnya bakteri untuk berkembang di area wajah. Namun tidak semua orang memiliki kelenjar minyak yang produktif, ada juga yang tidak. Jika telah terlalu banyaknya produksi minyak pada kulit wajah, maka akan sangat memudahkan bakteri untuk menempel pada kulit wajah. Hal ini juga dapat menjadi penyebab jerawat yang menyumbat pada sel kulit mati.
Kotoran yang menempel pada wajah dan sel kulit mati yang tidak dibersihkan, akan menyebabkan bakteri berkembang. Bakteri inilah yang akan menginfeksi dan menyebabkan timbulkan iritasi pada kulit wajah khususnya. Iritasi ini biasanya ditimbulkan oleh bakteri yang bernama Propionibacterium acnes ini akan menyebabkan kulit menjadi bengkak dan berwarna kemerahan.

2. Stress
Stress juga termasuk menjadi penyebab terjadinya jerawat. Jerawat ini tidak bisa hanya diobati dengan menggunakan cream obat penghilang jerawat saja. Jerawat yang ditimbulkan karena stress juga menjadi lebih sensitif. Bahkan jerawat karena sangat sensitif, akan menimbulkan bekas apabila jika memiliki kulit kering dan tangan yang jahil.

3. Cuaca
Gatal yang terasa pada kulit wajah juga dapat disebabkan karena cuaca. Keringat yang ditimbulkan karena cuaca, dapat langsung menerpa ke wajah yang mengakibatkan adanya kotoran yang mampu menempel dan menimbulkan rasa gatal pada wajah.

4. Kosmetik
Waspadai produk-produk kosmetik, karena terkadang mereka yang tidak mempunyai atau yang memang bukan memiliki kulit yang sensitif (kulit kering), dapat terkena atau mengalami gatal-gatal pada jerawat. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan zat-zat pada kosmetik yang justru membuat kulit menjadi kering dan kusam. Bukannya menjadi alternatif untuk mengurangi gatal, namun justru memperparah kulit wajah.

5. Gaya Hidup Tidak Sehat
Semakin berkembangnya kehidupan, maka semakin banyak masyarakat yang mulai hidup dengan gaya yang tidak sehat. Terlalu banyaknya mengkonsumsi makanan penyebab jerawat seperti makanan cepat saji, akan membuat jerawat berkembang. Makanan yang jarang dikonsumsi seperti buah-buahan, biasanya akan membuat kulit lebih indah.

6. Tangan Kotor
Tangan yang kotor namun digunakan untuk menyentuh wajah, menjadi penyebab timbulnya rasa gatal yang disebabkan oleh bakteri yang menempel dan menginfeksi pada kulit wajah. Kulit wajah lebih sensitive daripada kulit bagian lain pada tubuh manusia. Kulit wajah lebih riskan terinfeksi terhadap kontaminan dari lingkungan.

Sumber : Link

Suka artikel ini ?

About Admin

Admin Blog

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan