Bopeng Bekas Cacar Bisa Hilang Dengan Alami

Penyakit cacar dapat saja menimpa anak-anak dan orang dewasa. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang bernama Varisela Zostar. Penyakit ini mudah sekali menyebar bahkan pernah dimasukan dalam golongan penyakit yang sangat berbahaya karena dapat mematikan. Adapun penyebaran penyakit ini dapat terjadi melalui kontak langsung dengan penderita seperti bersentuhan di bagian kulit yang melepuh, melalui udara atau nafas penderita bisa juga melalui air liur. Oleh karena itu, perlu diadakan penanganan segera bagi para penderita cacar agar penyakit ini tidak tersebar ataupun tertular kepada yang lain.

Namun terkadang, meskipun secara umum penderita cacar telah dinyatakan sembuh, tetapi luka akibat penyakit cacar tersebut masih berbekas di area kulit penderita. Hal ini biasanya terjadi karena :

Ketika si penderita mengalami penyakit cacar, ia membiasakan menyentuh luka cacar tersebut dengan tangan yang kurang bersih alias kotor. Sehingga kotoran yang menempel pada tangan tersebut dapat masuk ke dalam pori-pori kulit yang terbuka akibat luka tersebut.Luka cacar yang telah mengering memang menimbulkan permukaan kulit yang kasar dan kering. Apabila si penderita merasa risih biasanya entah itu sengaja atau tidak telah mencabut atau mengelupas kulit bekas cacar itu sehingga bekas cacar tersebut akan menjadi bopeng yang berbentuk cekung. Nah, tentu permasalahan ini memerlukan perawatan khusus untuk menghilangkan bekas cacar tersebut.

Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Cacar Secara Alami

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern dan canggih maka telah banyak ditemukan obat-obatan penghilang bekas cacar baik yang obat yang berbahan kimia dan juga obat herbal alami. Secara umum, obat berbahan kimia memang lebih cepat penyembuhannya dibanding dengan obat herbal. Namun apabila dikonsumsi terlalu banyak dan dalam jangka yang terus menerus dalam waktu lama maka dapat menjadi sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Berbeda dengan obat herbal alami atau cara penyembuhan alami yang tidak memiliki efek samping apapun sehingga tetap aman digunakan dan juga murah.

Berikut adalah beberapa cara alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan bekas cacar yang telah terbukti ampuh dan tanpa efek samping :

Tanaman lidah buaya atau aloe vera

Tanaman yang sangat terkenal sebagai bahan untuk membuat sampo ini ternyata juga dapat digunakan sebagai cara ampuh penghilang bekas cacar yang alami. Hal ini karena tanaman lidah buaya ini memiliki zat antioksidan yang sangat bagus untuk kulit. Sehingga dipercaya dan telah terbukti dapat mengeringkan luka serta menghilangkan bopeng termasuk salah satunya bekas cacar dalam waktu yang relatif cepat.

Caranya sangat mudah, kupas lidah buaya maka akan keluar gelnya. Kemudian dengan gel tersebut, anda dapat mengoleskannya pada bekas cacar di kulit tubuh. Jangan langsung membilasnya tetapi tunggulah sampai beberapa menit atau sampai gel tanaman lidah buaya tersebut mengering. Kemudian segeralah berbilas dengan menggunakan air hangat. Untuk memperoleh hasil yang maksimal dan agar cepat sembuh, maka lakukan pengobatan ini secara teratur yaitu dua kali sehari setelah mandi.

Tanaman tomat

Buah yang manis serta kaya akan vitamin c ini juga bisa digunakan sebagai cara alami menghilangkan bekas cacar. Seperti lidah buaya, buaya juga memiliki zat antioksidan yang cukup tinggi sehingga akan membantu proses penyembuhan bekas cacar secara cepat dan aman.

Cara menghilangkan bekas cacar dengan buah tomat ini sangatlah mudah yaitu pilihlah buah tomat yang telah matang, cucilah hingga bersih, lalu belahlah tomat tersebut kemudian gosokan bagian dalam tomat ke bekas cacar pada kulit. Tunggulah sampai kering sekitar 20 sampai 30 menit kemudian basuhlah kulit tersebut dengan air bersih dan juga sabun. Lakukan perawatan ini dua kali sebelum mandi rutin setiap hari sampai bekas cacar tersebut benar-benar hilang.

Tanaman buah mengkudu

Buah mengkudu merupakan tanaman yang mungkin sudah sangat jarang kita temukan di pekarangan kita. Namun meskipun demikian, buah mengkudu atau biasa orang jawa menyebutnya ‘ pace ‘ memiliki khasiat yang sangat terbukti mujarab bagi kesehatan tubuh dan kulit. Para pakar kesehatan sepakat menjadikan buah mengkudu sebagai salah satu bahan obat herbal untuk mengobati berbagai penyakit. Salah satunya adalah menghilangkan bekas cacar.

Cara menghilangkan bekas cacar dengan alami menggunakan buah mengkudu ini adalah pilihlah buah mengkudu yang telah matang namun masih segar, kemudian parutlah buah mengkudu tersebut. Jangan lupa tambahkan air secukupnya. Parutan buah mengkudu yang telah bercampur dengan air selanjutnya disaring. Untuk mendapatkan rasa manis, tambahkan sedikit gula atau madu kemudian aduk sampai rata lalu diminum. Perawatan ini berfungsi untuk menyembuhkan luka bekas cacar dari dalam tubuh.

Pepaya

Salah satu buah-buahan yang sangat bagus untuk kesehatan kulit adalah pepaya, di mana buah pepaya yang telah matang kaya akan vitamin e yang sangat bermanfaat untuk kulit. Cara menghilangkan bekas cacar dengan buah pepaya ini pun sangatlah mudah. Pepaya yang telah matang dihaluskan dengan cara diblender kemudian untuk masker wajah atau untuk dioleskan ke bagian kulit yang terdapat bekas cacarnya. Tunggulah sampai kering kemudian bilaslah dengan air bersih.

Kacang hijau

Kacang hijau merupakan jenis tanaman polong-polongan yang kaya akan nutrisi. Ternyata kacang hijau juga dapat digunakan sebagai bahan alami untuk menghilangkan bekas cacar. Caranya adalah kacang hijau direndam dulu ke dalam air, tunggulah sampai kacang hijau tersebut mengembang kemudian tiriskan lalu haluskan, boleh dengan ditumbuk maupun diblender. Apabila telah halus maka oleskan pada bekas cacar air di permukaan kulit.

sumber

Suka artikel ini ?

About Admin

Admin Blog

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan