Tips untuk Menghindari Mabuk Perjalanan

Liburan pastilah saat yang dinantikan, waktunya mengistirahatkan raga dan mengisi kembali energy inpirasi baru. Tidak ada yang salah apabila anda ingin menghabiskan waktu rehat dengan hanya  di rumah, melakukan aktivitas yang menjadi hobi atau minat seperti mencoba resep kue kering terbaru, merangkai lego, menonton film, atau melakukan perawatan tubuh sendiri. Namun coba pikirkan lagi dan telusuri kenapa anda lebih suka memilih liburan di rumah? Bisa jadi, jangan-jangan penyebab utamanya bukan karena malas, tetapi karena anda rentan mabuk ketika melakukan perjalanan. Apalagi kalau perjalanan ditempuh dengan menggunakan transportasi umum seperti bus antar kota antar propinsi atau bus malam.


Cara untuk Mencegah Mabuk Perjalanan


Berikut beberapa tips yang bisa anda coba agar tidak terserang mabuk selama perjalanan. Pertama, siapkan pikiran anda. Sugesti diri anda bahwa perjalanan ini akan membawa anda mengunjungi tempat yang menyenangkan, tempat baru yang belum anda eksplorasi, atau anda akan bertemu orang baru, bertemu kawan atau saudara yang sudah lama tidak berjumpa, berbagi cerita dan pengalaman baru. Bisa juga sugesti untuk mendapatkan kenyamanan selama perjalanan dengan membawa barang kesanyangan, seperti boneka kecil, foto, syal favorit, bantal kecil atau bahkan baju daster  yang sudah kucel. Kedua, untuk bekal minuman, selain air putih agar anda tidak mengalami dehidrasi, bawalah jahe hangat. Cara membikinnya gampang saja. Siapkan jahe secukupnya, jangan dikupas kulitnya karena kandungan minyak atsiri yang berkhasiat menghangatkan tubuh ada di kulit jahe juga. Kemudian bersihkan dengan air, agar kotoran tanah lepas. Lalu geprek jahe dan selanjutnya bakar sampai tercium bau harum khas jahe bakar. Masukkan jahe dalam termos, masukkan gula jawa secukupnya, dan tuang air panas, aduk. Tunggu sampai gula larut. Ada baiknya sebelum berangkat, anda mimum juga segelas air jahe hangat agar perut tidak kembung dan terasa penuh angin.

Tak lupa juga, jika merasa perlu, bawalah balsem atau minyak penghangat untuk digosokkan bila anda merasa kedinginan karena AC bus. Selain minuman jahe, membawa bekal jeruk juga sangat disarankan. Jika terasa perut sudah mulai mual, kulit mulai terasa dingin, baui kulit jeruk, aroma kulit jeruk menstimulus rasa tenang, dan nikmati pula buah jeruknya. Aturlah pula posisi kursi agar anda bisa memilih posisi yang ternyaman: duduk tegak, setengah rebah, atau rebahan. Jangan ragu lagi melakukan perjalanan, nikmati rekreasi keluar kota dan hirup udara segar.

Efek Samping Dari Mengkonsumsi Mie Instan

Suka artikel ini ?

About Admin

Admin Blog

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan