Tips Mengobati Mata Merah dan Gatal

Mata adalah salah satu organ panca indera yang fungsinya termasuk vital pada anggota tubuh kita. Fungsi utama mata adalah untuk melihat. Kadang-kadang saat kita sedang melakukan suatu aktivitas, mata kita mengalami gangguan yang biasanya berupa iritasi. Iritasi yang sering timbul adalah mata merah dan mata terasa gatal. Keduanya sangat menganggu apalagi terjadi saat aktivitas yang dilakukan sangat penting. Mata merah dan gatal ini terjadi karena mata kita mengalami iritasi yang kadang berupa kemasukan debu, kemasukan serangga atau terkena benda asing seperti bolpoin, pensil atau lain sebagainya.

Karena iritasi tadi bersifat mengganggu maka perlu cara atau tips jitu untuk mengurangi bahkan menghilangkannya. Berikut tips yang dapat anda lakukan saat mata merah dan gatal terjadi pada anda.

1. Jangan menggaruk mata

Hal ini biasa terjadi saat mata kita terasa gatal dan mungkin kemasukan benda asing. Menggaruk dilakukan karena reflex namun hal ini sebenarnya sangat tidak dianjurkan. Menggaruk mata malah menyebabkan mata kita menjadi merah. Apalagi tangan yang digunakan untuk menggaruk tidak bersih dan steril. Padahal mata termasuk organ indera yang sensitif.

Sebenarnya menggaruk bukan solusi utama untuk menghilangkan gatal. Tidak hanya pada  mata saja melainkan anggota tubuh lainnya. Menggaruk malah mengakibatkan rasa gatal menjadi bertambah karena bertambahnya bakteri atau kuman yang mungkin sudah tinggal ditangan kita. Maka dari itu, lebih baik anda cukup menggosoknya saja. Menggosokpun juga jangan terlalu sering. Apabila gatal masih terasa, anda dapat meniup mata anda tadi. Namun meniupnya jangan terlalu kencang.

2. Tetesi dengan obat tetes mata

Daripada menggaruk mata yang terasa gatal, lebih baik anda menggunakan obat tetes mata. Obat tetes mata sekarang sudah banyak dijual diberbagai apotik atau swalayan terdekat. Obat tetes mata juga dapat mengurangi mata merah pada  mata anda.

3. Lebih baik : Gunakan yang alami

Obat tetes mata memang dapat digunakan untuk mengurangi iritasi pada mata. Namun yang namanya obat pasti ada unsure kimianya. Maka dari itu sebisa mungkin gunakan obat atau ramuan alami. Berikut contohnya.

Anda dapat menggunakan irisan mentimun atau kentang dingin untuk mengurangi iritasi pada mata. Metode ini dapat membuat mata kita menjadi relaks.

Semoga artikel diatas dapat berguna bagi anda. Bagaimanapun kesehatan sangat mahal harganya. Jaga kesehatan anda selalu terutama mata. Konsumsilah makanan yang mengandung vitamin A seperti wortel dan apel.

Olahraga Bagi Para Penderita Diabetes

mengobati mata merah dan bengkak pada bayi anak dan perih berair alami karena softlens pada balita karena iritasi gatal secara alami akibat las benturan iritasi debu alergi terbentur mengelas belekan mengatasi cara tradisional cendo xitrol cepat obat campak dengan daun sirih pegal pegal sakit herbal menghilangkan habis ngelas saat hamil insto jus untuk karena kecolok virus lensa kontak menahun manjur meradang setelah melahirkan mengganjal memakai permanen radang resep ramuan seperti darah sebelah terus yang bagus ampuh 1 tahun
Suka artikel ini ?

About Admin

Admin Blog

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan