Tips Mendapatkan Tidur Berkualitas

Tidur tentu saja kegiatan yang sangat normal dan diperlukan bagi tubuh kita karena dengan tidur kita memberikan kesempatan bagi pikiran dan badan kita untuk beristirahat sehingga kita nantinya segar kembali. Akan tetapi kita mesti menyadari bahwa tidak semua orang bisa menikmati nyenyaknya tidur karena pada kenyataannya banyak dari kita yang tidak memiliki kualitas tidur yang baik. Kualitas tidur yang baik adalah keadaan dimana kita benar-benar menikmati tidur kita dengan durasi tidur yang mencukupi. Tentu saja jam dan durasi tidur ini tidak selalu sama bagi semua orang mengingat masing-masing orang memiliki aktifitas yang berbeda jenis dan tingkat beban kerja. Semakin lama atau semakin berat kita bekerja maka semakin kita membutuhkan jam tidur yang lebih lama.

Cara Mengatasi Mendengkur


Sebenarnya tidak sulit untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik dan berikut ini adalah tips sederhana yang dapat diikuti oleh setiap orang. Yang pertama dapat kita lakukan adalah mengatur jam tidur kita sendiri. Tubuh kita secara alamiah memiliki jam biologi yang membantu kita menyeimbangkan antara jam tidur dan bangun. Saat kita tidak memiliki jam tidur yang teratur maka jam biologis kita juga akan berganti-ganti secara acak baik dari segi maupun waktu. Maka dari itu usahakan untuk tetap tidur sesuai waktu dan beratnya aktifitas anda. Lakukanlah secara rutin maka jam biologis anda dapat menyeimbangkan jam tidur dan bangun anda. Yang kedua adalah selalu usahakan untuk melakukan relaksasi sebelum tidur. Relaksasi tidak banya mencakup fisik tetapi juga mental dan ini diperlukan mengingat saat anda tidur tubuh dan pikiran anda juga akan beristirahat. Anda bisa melakukan relaksasi sederhana seperti mandi air hangat, membaca buku-buku yang inspiratif, mendengarkan musik-musik yang lembut untuk membantu anda lebih santai sebelum tidur. Tempat anda tidur juga perlu dibuat nyaman, mungkin anda bisa memadamkan lampu atau menyalakan lampu redup bila anda tidak takut pada kegelapan.

Hal-Hal yang Perlu Dihindari Supaya Tidak Mendengkur


Pilihlah alas tidur yang nyaman untuk tidur, jangan pilih yang terlalu keras ataupun terlalu empuk sehingga badan anda tertekuk-tekuk kebawah. Disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan berat 2 atau 3 jam sebelum tidur. Ini perlu karena dimungkinkan membuat anda terbangun untuk ke kamar mandi. Hindarilah olahraga sebelum tidur paling tidak tidurlah 3 atau 4 jam setelah anda berolahraga. Minuman seperti kopi ataupun merokok sangat disarankan untuk dihindari sebelum tidur. kafein dikenal dapat membuat kita tetap terjaga dan tentunya ini semakin membuat kita sulit untuk mendapatkan jam tidur yang ideal ataupun kualitas tidur yang baik. Sementara rokok menghasilkan nikotin yang pada umumnya bisa mengganggu jam bangun kita. Apabila anda masih mengalami kesulitan untuk tidur mungkin ada baiknya berkonsultasi kepada dokter untuk mengetahui bila ada tindakan medis yang diperlukan untuk mengatasi masalah susah tidur yang anda alami.

Makanan sumber Kalsium selain Susu

Suka artikel ini ?

About Admin

Admin Blog

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan