Jenis Makanan Yang Merupakan Sumber Kalsium Alternatif Selain Susu

Susu menjadi kebutuhan pokok manusia karena gizi dan nutrisi yang terkandung dalam susu sangat penting untuk kesehatan kita secara keseluruhan, Kegunaan susu yang paling utama adalah dalam pembetukan tlang dan gigi. Bukan hanya anak-anak, tetapi orang dewasa juga membutuhkan asupan kalsium dan gizi dari susu, bahkan jika kita sudah berumur lebih dari 40 tahun, asupan susu menjadi sangat penting untuk mencegah osteoporosis. Kesehatan tulang dan gigi sangat penting dan dapat dijaga dengan asupan kalsium dari susu dan vitamin D. Fungsi kalsium dan vitamin D saling mendukung. Kalsium berguna sebagai pendukung tulang dan gigi dan vitamin D bermanfaat untuk penyerapan kalsium, maka asupan kalsium dan vitamin D sebaiknya berjalan beriringan.

Disarankan untuk mengkonsumsi susu setiap hari. Jika kita mengkonsumsi  8 ons susu rendah lemak, maka kita akan mendapat masukan 90 kalori yang akan memasok 30% dari kebutuhan kalsium harian kita. Akan menjadi masalah jika kita berdiet. Susu memang cukup menggemukkan dan mengkonsumsi susu rendah lemak tidak berarti menghilangkan seluruh kadungan lemak dan kalori yang ada. Itulah mengapa seseorang yang berdiet cenderung kekurangan kalsium. Bagi beberapa orang yang alergi dengan laktosa, konsumsi susu juga menjadi suatu masalah. Kita tidak harus kuatir karena selain susu, kita bisa menemukan berbagai macam sumber kalsium dan vitamin D.

Ikan Sardin dan Salmon

Selain tinggi protein, gizin dan nutrisi, kedua ikan ini sangat kaya akan kalsium dan vitamin D. Ikan sardin sangat kaya akan kedua zat berguna tersebut. Ikan-ikan kecil ini biasa kita dapatkan dalam bentuk kalengan. Akan sangat bermanfaat jika kita dapat mengkonsumsi ikan sardin segar untuk manfaat yang lebih tinggi. Ikan salmon sangat terkenal dengan kandungan omega 3. Ternyata, ikan salmon kecil yang berukuran sekitar 3 ons mengandung vitamin D yang cukup banyak. Kandungan vitamin D di salmon kecil dapat memenuhi lebih dari 100% dari kebutuhan vitamin D harian kita. Dengan mengkonsumsi ikan salmon, kita tidak hanya memperkuat tulang dan gigi, tetapi juga menyehatkan jantung, Ikan lain yang dapat menjadi pilihan kita adalah ikan tuna.

Telur untuk Vitamin D

Telur mengandung 6% total kebutuhan harian vitamin D kita. Kandungannya memang tidak sebanyak sardin atau salmon, tetapi telur sangat mudah untuk didapat dan diolah menjadi berbagai makanan, jadi telur sangat disarankan.Kadungan vitamin D yang tinggi terdapat pada kuning telur. Meskipun kuning telur identik dengan kolesterol, tetapi bagian tengah telur ini menjadi salah satu sumber alami vitamin D dan mengandung banyak sekali nutrisi.

Bayam dan Jus Jeruk

Selain mengandung zat besi, bayam juga mengadung banyak kalsium. Jika kita menghindari susu, maka bayam dapat menjadi alternatif terbaik. Satu cangkir bayam dapat memenuhi sekitar 25% kebutuhan kalsium harian kita. tentu saja, banyak bonus yang akan kita terima seperti serat, zat besi, vitamin A dan lain sebagainya. Kebanyakan sayur berdaun hijau mengandung kalsium, jadi jangan ragu untuk mengkonsumsinya. Untuk buah, jeruk sangat disarankan. Bukan hanya kalsium., tetapi juga berbagai macam vitamin dan antioksidan dapat diperoleh dari jeruk.

Coklat Enak Berkhasiat

Suka artikel ini ?

About Admin

Admin Blog

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan