Tips Mencegah Masalah Keputihan Berlebihan Pada Wanita Remaja

Keputihan adalah salah satu masalah yang melanda organ kewanitaan pada orang kebanyakan. Masalah yang terkait dengan keputihan ini tak banyak orang yang mengetahuinya. Bahkan, banyak orang menganggap bahwa keputihan adalah hal yang wajar dan tak perlu diatasi. Namun, yang harus kita ketahui sebagai wanita adalah keputihan merupakan permasalahan yang cukup serius dan memerlukan perhatian khusus agar nantinya tak berdampak buruk bagi kesehatan kita. Sebelumnya, kita kupas terlebih dahulu, apa yang dimaksud dengan keputihan. Keputihan adalah keluarnya cairan berlebih dari dalam vagina, yang mana keputihan ini dibagi menjadi dua, yaitu keputihan fisiologis atau keputihan normal dan keputihan patologis atau keputihan penyakit.


Cara mencegah keputihan pada wanita remaja secara alami


Keputihan fisiologis atau normal datang menjelang menstruasi atau pun setelah menstruasi. Keputihan ini memiliki ciri-ciri seperti lendir bening tanpa bau, lendir ini pun tak menimbulkan rasa gatal di daerah kewanitaan. Keputihan fisiologis sendiri terjadi akibat dari stress yang dialami oleh seseorang, keputihan ini juga terjadi saat wanita sedang hamil. Dan yang kedua adalah keputihan patologis atau keputihan penyakit. Dimana keputihan ini disebabkan oleh jamur, bakteri, serta kuman yang bercokol di dalam vagina. Keputihan yang seperti inilah yang disinyalir sebagai keputihan berbahaya. Ciri-ciri dari keputihan ini sendiri adalah cairan berwarna kepala susu, bisa juga kekuning-kuningan, bahkan bisa juga keluar bersamaan dengan darah.

Keputihan patologis berbau tidak sedap dan menyebabkan daerah kewanitaan terasa gatal. Keputihan yang seperti ini perlu diwaspadai oleh wanita.Karena bisa menyebabkan kemandulan, kanker serviks, sampai kematian. Daerah kewanitaan memang rawan sekali akan bakteri dan kuman. Itulah mengapa kita sebagai wanita selalu disarankan untuk secara teratur membersihkan daerah kewanitaan. Kita tak bisa meremehkan masalah keputihan ini. Banyak cara untuk mengatasi masalah keputihan ini, salah satunya adalah menjaga kebersihan celana dalam yang kita pakai. Selayaknya bagi kita untuk sesering mungkin mengganti celana dalam, jangan sampai celana dalam yang sudah kita pakai selanjutnya dipakai lagi. Hal ini untuk mencegah banyaknya bakteri yang masuk ke vagina.

Baca juga khasiat rumput laut yang luar biasa

Sering berganti celana dalam juga berfungsi menjaga vagina kita agar tidak lembap, karena bakteri maupun kuman sangat menyukai daerah yang lembap. Selanjutnya adalah menggunakan pembalut yang tepat, bukan yang terbuat dari bahan daur ulang. Pembalut yang terbuat dari bahan daur ulang sangat berbahaya bagi penggunanya, maka dari itu kita sebagai wanita harus benar-benar memperhatikan hal ini. Berikutnya adalah menggunakan obat antiseptic alami, seperti daun sirih. Daun sirih merupakan tanaman herbal yang memiliki khasiat luar biasa bagi wanita penderita keputihan.Kita bisa merebusnya, lalu menggunakan air rebusan daun siri untuk membersihkan daerah kewanitaan. Hal ini bisa membuat vagina kita bersih dan kesat. Yang terakhir adalah tak boleh mengkonsumsi makanan seperti buah mentimun, pisang, papaya, bengkuang, sampai sayuran kangkung.Sebab, makanan-makanan tersebut bias memicu bertambah banyak keputihan yang keluar.
Suka artikel ini ?

About Admin

Admin Blog

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan