Sakit Perut Bagian Bawah Wanita Inilah Penyebabnya

Sakit perut bisa muncul kapan pun, menyerang siapa saja, dan juga bagian perut mana pun. Karena sangat begitu luasnya, maka kesempatan kali ini hanya akan dibahas untuk khusus sakit perut bagian bawah pada wanita.

sakit perut bagian bawah saat hamil muda tengah kanan kri setelah berhubungan pusar pada wanita 6 7 9 bulan apakah apa penyebabnya awal kehamilan tanda melahirkan obatnya ibu nyeri bumil buang air besar tembus belakang ciri cara mengatasi mengobati menghilangkan menyembuhkan dan pinggang dada terasa panas disertai keputihan mual kentut punggung kencing dekat kemaluan empat efek  flek faktor keluar gejala  penyakit hilang timbul tua hamilkah intim jongkok ditekan jika pria lelaki laki-laki luar biasa lagi lipatan paha skrotum menstruasi mejelang persalinan haid melilit menjalar masa subur nifas pusing  ovulasi kembung payudara  pusat rusuk rahim pengobatan tradisional  herbal trimester 1


Kaum wanita mempunyai organ tubuh berbeda dibandingkan dengan pria, dalam hal ini adalah bagian tubuh yang letaknya pada perut bagian bawah, sebab wanita memiliki yang namanya organ reproduksi teridiri dari rahim, tuba falopi, kandung telur dan juga sebagainya. Selebihnya hampir sama dengan kaum pria yaitu organ pencernaan serta organ kemih yang terletak di perut bagian bawah.

Setiap dari organ pencernaan, saluran kemih, serta organ reproduksi mempunyai peran atau berpotensi mengakibatkan nyeri perut bagian bawah pada wanita, kalau ada masalah di organ tersebut.

Lokasi nyeri bisa membantu menentukan organ manakah yang sedang mengalami gangguan atau masalah. Misalnya yaitu sakit perut sebelah kiri bawah atau kanan bawah ataupun tengah bawah. Disamping itu gejala lain yang juga menyertai juga haruslah diperhatikan sebab juga akan bisa membantu menentukan apa penyebabnya.




Berbagai Faktor Penyebab dan Gejala Sakit Perut Bagian Bawah Pada Wanita


Berikut akan  dipelajari kemungkinan penyebab dari sakit perut bagian bawah pusar pada wanita beserta juga gejala yang menyertainya.

A. Saluran Kemih

Infeksi Saluran Kemih (ISK). Mempunyai gejala umum berupa yakni rasa nyeri, panas, rasanya seperti terbakar saat buang air kecil & pergi ketoilet menjadi lebih sering. Infeksi bisa cepat menyebar ke organ ginjal (pielonefritis) serta menyebabkan meriang disertai suhu tinggi (demam) dan juga sakit punggung.

Batu Saluran Kemih. Apabila Anda mengalami rasa nyeri di perut disertai pula sakit pinggang parah yang sanpai menyebar atau menjalar ke pangkal paha mungkin itu merupakan gejala batu ginjal.

Dokter umumnya akan melakukan pemeriksaan pada urine guna mendeteksi gangguan di atas. Apalagi bila air seni disertai juga keluar darah, maka haruslah segera periksa pada dokter.

B. Saluran Pencernaan

Diare dan juga Sembelit. Ini adalah merupakan penyebab paling sering dari sakit perut yang sumber awalnya dari sistem pencernaan. Rasa sakit perut luar biasa yang muncul umumya berupa ‘kolik’ atau rasa kram, yakni datang dan juga pergi (sebentar muncul, tapi juag sebentar hilang).

Iritasi Usus. Bagi kebanyakan orang diseluruh dunia sering menderita syndrom iritasi usus (IBS) yang akan menyebabkan diare, sembelit & kembung.

Radang Usus Buntu. Gejala utamanya yakni Sakit perut sebelah kanan bagian bawah, akan sering terasa lebih sakit bila berjalan, terkadang disertai juga mual muntah serta demam. Haruslah segera periksakan ke dokter.

Gejala lainnya yang biasanya muncul seperti kembung dan juga mual yang merupakan dari gejala umum yang biasanya menunjukkan bahwa nyeri perut yang terjadi dikarenakan adanya masalah pada bagian sistem saluran pencernaan.

C. Sistem Reproduksi

Sakit perut bagian bawah bisa berasal dari organ rahim (uterus), tuba Falopi atau pada ovarium yang dirasakan di bagian tengah-tengah perut bawah.

Sakit perut sebelah kiri ataupun kanan bawah lebih sering cendrung berasal dari bagian indung telur (ovarium).

Sakit perut jika berasal dari dekat rahim seringkali akan lebih buruk waktu datang haid ataupun menstruasi dan juga ini disebut dismenorea.



Nyeri Perut Bawah Tanda Dari Kehamilan


Contoh kasus kondisi dari organ reproduksi lain yang umumnya menyebabkan sakit perut bagian bawah pada wanita seperti endometriosis, penyakit radang panggul, fibroid, kista ovarium dan juga masalah yang erat berkaitan pada tahap awal kehamilan seperti misalnya keguguran atau juag kehamilan ektopik.

Ingat selalu ya gejala apa saja yang biasanya menyertai sakit atau nyeri perut bagian bawah & riwayat menstruasi, karena itu semua akan ditanyakan dokter dalam rangka untuk mendeteksi penyebab dari gangguan yang terjadi guna menegakkan diagnosis.
Suka artikel ini ?

About Admin

Admin Blog

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan