Cara Mudah Mencegah dan Menghindari Timbulya Berbagai Macam Jenis Jerawat

Cara Mencegah & Menghindari Berbagai Jerawat. Jerawat ialah peradangan yang disebabkan tersumbatnya pori kulit karena kotoran. Minyak yang dihasilkan kelenjar bawah kulit bercampur bersama bakteri dan sel kulit mati. Adanya kotoran pada wajah mengakibatkan minyak berlebih tadi tak bisa keluar secara lancar maka timbulah jerawat.

Ada beberapa macam jerawat diantaranya jerawat batu, komedo dan jerawat biasa . Jerawat tak hanya menyerang muka, tetapi juga bisa menyerang bagian tubuh lainnya seperti di punggung, dada dan lengan atas. Saat sel-sel kulit yang sudah mati bercampur  kotoran atau debu, maka nanti akan membentuk penyumbatan berupa bintik putih atau hitam.
cara cepat mengatasi menghilangkan mencegah dan menghindari jerawat dengan mudah

Penyebab dari Timbulnya Jerawat

Apa yang sebenarnya penyebab munculnya jerawat itu? Jerawat muncul karena berbagai faktor. Salah satunya ialah kesalahan memilih kosmetik. Tampil cantik menggunakan produk kosmetik memanglah sangat membanggakan. Banyak sekali produk kosmetik yang bisa dibeli dengan bermacam merk dan jenis. Namun, anda harus hati-hati saat memilih dan memilah produk kosmetik.

Menggunakan kosmetik kecantikan yang tak sesuai dengan tipe  kulit wajah bisa menimbulkan bayak masalah, seperti wajah memerah, rusak, jerawat dan timbul komedo. Jadi pastikanlah memilih produk kosmetik kecantikan yang cocok dan aman terhadap jenis kulit muka Anda. Sebelum tidur selalu biasakan mencuci muka anda dengan benar supaya sisa-sisa kosmetik yang menutupi sekitar lubang pori-pori di bagian wajah hilang sempurna.

Makanan yang Menjadi Penyebab Jerawat

Selain kosmetik dan kotoran, makanan pun ternyata bisa menjadi pemicu akan timbulnya jerawat. Bagi sebagian orang yang memiliki jenis kulit sensitif, makanan bisa menjadi penyebab munculnya jerawat, namun kalau jenis kulitnya normal pasti tak terlalu berpengaruh. kalau anda memiliki kulit sensitif pada suatu jenis makanan tertentu, maka anda haruslah menghindari makanan tersebut agar jerawat  tidak menjadi semakin parah.

Pengaturan jadwal pola makan menjadi penting dilakukan agar terhindar dari yang namanya jerawat. Makanan penyebab jerawat banyak macamnya,  salah satunya mungkin adalah makanan kesukaan anda. Kalau memang benar, anda haruslah mulai menghapus majanan tersebut dari daftar menu makan  sehari-hari guna mencegah jerawat tumbuh kembali di wajah anda.

Makanan memanglah sangat penting untuk tubuh kita, dengan terpenuhi  asupan makanan yang sehat tubuh kita mendapatkan energi. Namun, beberapanya dapatlah menjadi pemicu munculnya jerawat. Berikut ini beberapa makanan yang bisa menyebabkan jerawat diantaranya coklat, kacang & produk turunannya, minuman bersoda, susu, gula, makanan asin, makanan pedas, dan juga makanan yang mengandung banyak minyak seperti misalnya gorengan.

Daging mengandung banyak protein sangat tinggi menjadi salah satu jenis makanan pemicu jerawat. Semua jenis makanan tadi dipercaya bisa menjadi pemicu jerawat di wajah sehingga perlu untuk dihindari. Mulailah mengkonsumsi makanan sehat contohnya seperti sayuran, buah-buahan dan juga banyak minum air putih. Banyak meminum air putih bisa melancarkan metabolisme tubuh yang menjadikan proses pembuangan kotoran yang berasal dari dalam tubuh menjadi lancar.

Cara Mudah Menghindari Jerawat

Menghindari jerawat haruslah melakukan perawatan kulit muka secara teratur. Kulit muka harus selalu bersih ketika istirahat di rumah. Usahakanlah untuk membebaskan kulit muka dari sisa kosmetik supaya pori-pori bisa bernafas dengan bebas. Jangan menghilangkan jerawat dengan memencet dengan tangan. Tangan kotor adalah merupakan sumber bakteri dan kuman yang justru memperburuk jerawat anda.

Cara untuk menghindari jerawat paling mudah dengan berolahraga yang dapat menguras keringat. Jogging, senam, atau bersepeda tentu membuat tubuh anda akan banyak mengeluarkan keringat. Keringat membawa sisa-sisa kotoran dan racun keluar dari dalam tubuh. Stres dikarenakan banyak pekerjaan atau karena banyak masalah lainnya juga haruslah dihindari karena hal itu bisa juga menumbuhkan jerawat di muka anda.


Jerawat memanglah menyebalkan tapi mencegahnya tidaklah sulit asal dilakukan dengan benar. Jerawat bukanlah penyakit mematikan, namun terkadang rasa minder datang bersamaan dengan mulai hadirnya bintik jerawat. Rasa tidak percaya diri akibat jerawat akan membuat kita malu saat melakukan apapun, pastinya kegiatan ataupun pekerjaan kita pasti akan terganggu. Penampilan sempurna akan menjadi terganggu dikarenakan ada sebuah titik merah jerawat. So cara mencegah jerawat diatas patut dicoba agar kepercayaan diri tetap tinggi dan bisa kembali beraktivitas secara lancar.
Suka artikel ini ?

About Admin

Admin Blog

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan