Penyebab Jerawat di Usia Dewasa 30-40 Tahun

Masalah kulit satu ini sering tak mengenal usia. Gangguan jerawat  mulai remaja sampai dewasa tetaplah jadi kendala wanita buat tampil cantik & kulit sehat.

Dan, kategori jerawat pun sangat beragam, mulai jerawat biasa sampai serius. Jerawat paling sering dialami oleh wanita usia dewasa (30 tahun keatas) ialah jerawat meradang  atau sering disebut dengan nama pustula. Nah, jerawat yang berlanjut sampai umur dewasa kebanyakan dipengaruhi faktor hormonal. Bila jerawat ini sudah  terinfeksi, maka diperlukan penanganan oleh dokter ahli. Apa anda punya permasalahan serupa?

Umumnya jerawat akan muncul di kulit remaja, dimana kelenjar minyak sangatlah aktif. Bila jenis kulit anda sangat sensitif, jerawat ini bisa berlanjut di usia dewasa yang diakibatkan faktor lingkungan (debu serta kotoran), pengaruh dari hormonal (yakni hormon androgen), & juga stres. Kalo didiamkan, akan bisa mengakibatkan infeksi serta meradang yang dikenal dengan jerawat pustula.

Jerawat pustula yakni jerawat berbentuk seperti kubah dan biasanya berwarna merah. Tergolong masalah kulit serius dikarenakan bisa menimbulkan infeksi berkelanjutan.

Ciri-ciri jerawat pustula

Jerawat jenis ini biasanya meradang & berwarna kemerahan, dibagian tengahnya tampak menonjol serta berwarna kekuningan karena berisi nanah. Jika pecah, meninggalkan jaringan parut pada kulit. Bisa menyebar dan juga membuat peradangan jadi lebih luas lagi jika tak diobati dengan segera. 

Penyebab timbulnya masalah kulit satu ini


Jerawat komedo berisi lemak & mengeras sering dianggap sebagai jerawat biasa. Tapi, akan jadi masalah jika berkembang jadi lebih besar.  Komedo kalau terus membesar diakibatkan kelebihan minyak, kotoran dan bakteri dan yang tersumbat pada pori kulit yang pada akhirnya membuat sel kulit yang telah mati tak terlepas sempurna, sehingga terjadilah peradangan. Jika tak segera diobati bisa timbul nanah serta infeksi yang sangat berbahaya buat kulit.

Bagaimana cara mencegah jerawat pustula?

  • Lakukanlah perawatan kulit wajah dengan benar dan juga teratur.
  • Bersihkan wajah minimalnya 2 kali sehari, yakni sebelum & sesudah beraktivitas.
  • Lakukanlah facial. Konsultasikanlah kondisi kulit pada dokter maupun  juga terapis sebelum  anda melakukan perawatan. Terutama kalau kulit Anda sangat sensitif atau mudah alergi.
  • Jika kulit Anda sensitif, hindarilah pemakaian kosmetika yang berbahan dasar minyak, dikarenakan bersifat menutup  kulit permukaan.
  • Gunakanlah jenis kosmetika berbahan dasar air serta yang berjenis oil free, terdapat pula label non-comedogenic (tak mengandung bahan/kandungan yang mempermudah tumbuhnya komedo).
  • Gunakanlah tabir surya SPF 20 jenis lotion ringan dan juga aman buat kulit berjerawat.
  • Kurangilah aktivitas ataupun olahraga pada saat udara panas karena akan merangsang serta memicu kelenjar keringat kulit agar berproduksi lebih banyak.
  • Kurangilah juga makanan yang bercita rasa pedas & tinggi kandungan lemak. 

Agar Jerawat Batu Cepat Pecah atau Kempes

Suka artikel ini ?

About Admin

Admin Blog

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan