Tahukah Kamu: Jus Apel Bisa Meningkatkan Resiko Batu Ginjal

Mengkonsumsi buah-buahan memang sehat dan salah satu buah yang tergolong buah sehat atau buah super adalah apel. Siapa yang tidak suka buah apel, dari rasanya yang manis, testurnya yang renyah, belum lagi warnanya yang menggoda. Memang apel malang dengan warna hijau memiliki rasa yang agak asam dibandingkan dengan apel merah, tapi tetap justru itulah citarasa apel hijau. Namun, jika dibandingkan dengan apel hijau, apel merah memang dikatakan mengandung banyak sekali manfaat. Dan kebanyakan orang, mengelola buah apel menjadi berbagai macam makanan, mulai dari selai, pai apel sampai keripik. Namun, sering kali orang lebih senang membuat apel menjadi jus, karena akan lebih segar dan nikmat menikmati apel ketika sudah dijadikan jus. Mungkin mengetahui sedikit tentang manfaat apel dan apa saja risiko yang bisa ditimbulkan dari menkonsumsi terlalu banyak jus apel dapat membuka pengetahuan anda terhadap buah super yang satu ini.

Kegunaan dan Manfaat Apel Bagi Kesehatan


Jika berbicara mengenai manfaat apel maka akan panjang sekali daftar yang bisa anda buat, karena apel memang terkenal sebagai buah super. Karena apel mengandung banyak sekali vitamin yang baik bagi tubuh, selain itu apel juga mengandung antioksidan yang sudah terbukti dapat menangkal radikal bebas. Oleh karena itu, mengkonsumsi apel saat sarapan sangat di anjurkan. Selain itu juga, bagi yang sedang diet, mengkonsumsi apel sebagai sarapan dapat memberi asupan energi di pagi hari walaupun tidak sarapan, selain itu juga mengkonsumsi apel sebelum tidur dapat memaksimalkan metabolism tubuh bahkan saat tidur sehingga lemak-lemak yang tidak diinginkan bisa ikut terbakar.

Jus Apel Dapat Meningkatkan Risiko Batu Ginjal


Seperti yang dikatakan di atas bahwa buah apel memiliki banyak manfaat. Namun beberapa penelitian mengatakan bahwa jus apel dapat meningkatkan risiko batu ginjal, apalagi bagi orang yang memang sudah memiliki gejala batu ginjal. Mengkonsumsi jus apel lebih baik dikurangi karena apabila apel di just maka buah yang dikonsumsi akan lebih dari satu, dan itu akan meningkatkan risikonya. Oleh karena itu, jika ingin mengkonsumsi buah apel, cukup dikonsumsi buahnya saja jangan dibikin jus untuk mengurangi risiko sakit ginjal.

Selain mengurangi konsumsi apel, untuk mengurangi risiko batu ginjal anda juga bisa mengkombinasikannya dengan mengkonsumsi jenis minuman yang dapat mencegah atau mengurangi risiko bantu ginjal seperti mengkonsumsi jus jeruk, teh, juga kopi dengan kafein rendah. Namun cara pencegahan terbaik adalah dengan tetap menjaga asupan air ditubuh anda tercukupi. Keseringan mengalami dehidrasi dapat pula meningkatkan risiko batu ginjal karena ginjal akan semakin mudah terinfeksi ketik hidrasi tubuh tidak baik. Oleh karena itu, walau penilitian menunjukkan apel dapat meningkatkan risiko batu ginjal, bukan berarti anda tidak boleh mengkonsumsi apel. Silahkan mengkonsumsi apel secukupnya karena apapun makanannya dan sesehat apapun makanan tersebut tapi apabila dikonsumsi secara berlebihan maka dapat juga menimbulkan penyakit atau gangguan kesehatan.

Tips Mendapatkan Tidur Berkualitas

Suka artikel ini ?

About Admin

Admin Blog

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan