Tips Merawat Rambut Agar Tetap Sehat Indah Lembut dan Berkilau

Rambut merupakan mahkota wanita yang harus selalu dijaga kebersihan, kesehatan, dan keindahannya. Banyak sekali permasalahan yang dihadapi oleh wanita terkait dengan kesehatan rambut. Mulai dari rambut bercabang, kering, sampai rambut rontok. Maka, akan menjadi kekhawatiran tersendiri bagi wanita apabila mahkotanya mengalami masalah seperti itu. Para wanita umumnya ingin tampil cantik dengan mendandani rambut dengan berbagai cara. Ada yang direbonding agar tampak lebih lurus, ada juga yang ditoning agar kelihatan lebih hitam mengkilau, ada juga yang dicat agar terlihat lebih gaya/trendy. Namun, tak sadarkah kita bahwa hal-hal tersebut bisa menyebabkan kerusakan bagi mahkota kita? Berikut akan dijelaskan berbagai cara dan Tips merawat rambut.


Tips Merawat Rambut Agar Tetap Sehat dan Tetap Lurus


Rambut membutuhkan perawatan yang ekstra agar tetap sehat dan terjaga keindahannya. Banyak cara untuk merawat kesehatan rambut, yang pertama adalah membersihkannya secara teratur. Bagi para wanita keramas dua hari sekali sangat diperlukan, karena tatanan rambut wanita lebih riskan terkena kotoran dibandingkan lelaki. Karenanya, para wanita diharuskan membersihkannya secara teratur. Dan untuk membersihkan rambut, tak boleh menggunakan sembarang shampo. Tiap orang pasti memiliki keluhan masing-masing dengan rambutnya. Entah itu berminyak, kering, ataupun rontok. Maka dari itu, penting sekali memperhatikan jenis shampo yang dipakai. Sebab, salah shampo bisa mengakibatkan kerusakan yang lebih fatal bagi mahkota kepala kita.

Yang kedua adalah memberikan nutrisi yang cukup untuk rambut. Yaitu dengan mengkonsumsi makanan dengan kandungan vitamin B Kompleks dan juga vitamin C. Hal ini perlu diperhatikan karena dua vitamin tersebut bisa mencegah terjadinya kerontokan pada rambut. Begitu juga dengan ketombe yang merajalela. Dengan asupan vitamin B Kompleks maka ketombe tak akan menyerag kulit kepala, rambut pun terlihat lebih bersinar dan tak kusam. Akar rambut semakin bertambah kuat, sehingga rambut tak khawatir terserang kerontokan. Selanjutnya, penggunaan sisir untuk merapikan rambut. Agar terlihat tetap sehat, maka jenis sisir harus diperhatikan. Sebaiknya jangan memakai yang jenis nilon maupun metal, karena dua jenis tersebut membuat rambut mudah patah dan menjadi tak indah.

Sisir dengan gerigi rapat dan tajam pun sebaiknya dihindari, agar rambut tak mudah patah ataupun rontok. Ini sangat berpengaruh sekali dengan kesehatan rambut kita. Maka dari itu, lebih baik memakai sisir yang memiliki gerigi agak renggang, karena dengan begitu rambut akan terhindar dari kerontokan. Selanjutnya mengenai tatanan rambut, sebagai wanita kita dihimbau untuk melakukan pemotongan rambut secara teratur. Agar, rambut kita bisa lebih mudah dalam memberikan perawatan. Selain itu, rambut yang secara teratur dipotong, terhindar dari masalah rambut bercabang. Karena ujung-ujung rambut lebih sehat dan terjaga. Itulah mengapa, potong rambut secara teratur juga sangat penting untuk dilakukan.

Rambut juga tidak boleh terkena sinar matahari secara langsung, karena itulah kita disarankan tidak melakukan aktivitas di siang hari. Dan apabila kita melakukan kegiatan di bawah terik matahari, maka sebaiknya kita menggunakan penutup kepala, sebab sinar matahari bisa membuat rambut rusak. Begitu juga di saat kita berenang, sebaiknya menggunakan penutup kepala, agar rambut tidak terkena klorin yang terkandung dalam air secara langsung. Yang terakhir adalah, tak boleh mengeringkan rambut dengan cara menggosok, karena rambut basah yang digosok bisa menyebabkan rambut bercabang. Cara yang digunakan adalah menepuk bagian rambut dengan perlahan. Dengan begitu, rambut tetap sehat dan terawat.
Suka artikel ini ?

About Admin

Admin Blog

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan