Menu Diet Sehat Menurunkan Berat Badan

Masalah berat badan masih menjadi problem sebagian wanita dari zaman ke zaman, dan diet adalah solusinya. Dalam hal ini, strategi penyusunan daftar menu diet sehat menurunkan berat badan masih menjadi cara ampuh bagi mereka yang ingin langsing. Alhasil, meskipun sedang berdiet, tubuh tetap bugar dan sehat, sehingga stamina tetap terjaga. Lalu, bagaimanakah menu diet sehat menurunkan berat badan agar program diet sukses?

Mengonsumsi asupan makanan dengan gizi seimbang


Untuk menurunkan bobot tubuh, Anda tak perlu mengurangi porsi makan, melainkan menjalani menu diet proporsional agar penurunan berat badan efektif. Menu diet sehat menurunkan berat badan harus mengandung seluruh zat gizi yang dibutuhkan tubuh.

menu diet sehat menurunkan berat badan dengan cepat seminggu golongan darah o pola makan tips 13 hari


Perhatikan Asupan Makanan


Barangkali Anda pernah mendengar istilah trik Mindfull Eating atau ‘makan secara sadar’. Berbagai penelitian memperlihatkan bahwa jurus ‘makan secara sadar’ cukup jitu dalam menurunkan berat badan. Caranya adalah Anda harus mengunyah makanan dengan pelan-pelan, santai, dan upayakan tanpa ada gangguan. Selain itu, hilangkan kebiasan mengonsumsi makanan sambil nonton televisi atau sambil online di depan laptop. Pasalnya, sinyal yang dikirim perut ketika sudah kenyang sulit diterima otak karena pikiran sedang terfokus pada televisi atau layar monitor.

Agendakan Jam Makan


Sebaiknya, pelaku diet tidak menjalankan konsep makan tiga kali sehari. Mereka boleh menyusun agenda makan sendiri, sesuai target diet yang hendak dicapai. Rencana dan target yang jelas sangat dibutuhkan agar penurunan berat badan lebih terukur.

Dalam praktik, ada aneka jenis diet sehat untuk menurunkan berat badan, seperti diet serat tinggi, diet rendah kalori, dan diet rendah karbohidrat. Beberapa cara ini merupakan pola diet sehat yang bertujuan sama, yakni menurunkan berat badan secara bertahap, sehat, dan alami.

Selain kebutuhan energi, sebenarnya keperluan protein dalam diet sehat penurunan berat badan sebesar 10-15% saja dari kebutuhan energi total.

Begitu juga dengan kebutuhan lemak, tak lebih dari 10-25%. Selain itu, kecukupan asupan vitamin dan mineral juga merupakan hal penting, terutama vitamin B yangsangat dibutuhkan untuk memelihara kekuatan otot saluran cerna.

Jangan abaikan pula asupan cairan tinggi, yakni sebesar 2 – 2,5 liter untuk menjaga kualitas metabolisme tubuh, dan asupan serat tinggi sebesar 30-50 g/hari, terutama serat larut air yang berasal dari beras tumbuk.

Berbagai sumber makanan berikut ini dapat dimasukkan ke dalam menu diet menurunkan berat badan cepat.

Sumber karbohidrat: nasi, havermout, ketela, kentang, dan roti.
Sumber protein nabati: berbagai macam kacang-kacangan yang dikonsumsi dengan kulit arinya, seperti kacang kedelai, kacang tanah, kacang hijau, dan berbagai hasil olahannya seperti tahu dan tempe.
Sayuran: sayuran serat tinggi seperti kangkung, bayam, daun singkong, daun kacang panjang, daun pepaya, oyong, pare, kacang panjang, dan buncis.
Buah: buah-buahan berserat tinggi seperti jeruk, pepaya, nenas, mangga, pisang , dan lainnya.

Contoh daftar menu diet menurunkan berat badan dengan kalori rendah :

Pagi: roti kacang tanpa mentega dan secangkir susu tanpa lemak
Sebelum makan siang: puding tanpa susu fullcream
Siang: nasi, sayur asem, pepes ikan, goreng tempe, sambal, kerupuk, dan sepotong buah melon sebagai penutup
Sore: semangkuk asinan
Malam: nasi, capcay, ayam goreng, kerupuk, dan pisang sebagai penutup.

Demikianlah contoh menu diet sehat menurunkan berat badan yang bisa Anda praktikkan. Untuk mendapatkan hasil yang lebih sempurna, lakukan olahraga secara teratur. Selamat mencoba. Baca juga makanan sehat membuat hidup sehat.
Suka artikel ini ?

About Admin

Admin Blog

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan